Baca Berita

Ratusan Anak Baca Buku di Sepanjang Jalan Sumur Bandung-Sindanghaji

27 April, 2019

kakdina Berita

POJOKJABAR.com, MAJALENGKA – ‎Ratusan siswa sekolah dasar, PAUD dan para orangtuanya di Desa Sindanghaji Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka memadati jalan sumur Bandung.

 

Sepanjang jalan itu, dengan perkiraan panjang jalan 200 meter lebih, mereka membaca buku nyaring bersama secara serentak dalam acara peringatan hari buku se-dunia.

 

Selama15 menit, anak-anak itu terus membaca buku yang dipegangnya. Mereka antusias baca buku nyaring. ‎Setelah itu, anak-anak pun mendengarkan cerita dongeng yang dibawakan oleh Kak Ila, dari komunitas Kampung Dongeng. 

Ketua Panitia yang juga pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Nurul Huda, ‎Dody Jaya mengatakan pihaknya sengaja menggelar baca buku selama 15 menit di sepanjang jalan Sumur Bandung. Sebagai pengelola perpustakaan masayarakat, Dody juga mengundang pendongeng handal untuk terus memotivasi anak-anak supaya rajin menggali pengetahuan dalam bacaan. 

‎”Kegiatan kita ini dalam rangka hari buku sedunia, yang selalu diperingati tanggal 23 April, cuma kita rayakan hari ini. Agendanya yakni membaca bersama selama15 menit di sepanjang jalan Sumur Bandung. Alhamdulilah, peserta mencapai 250 anak, selanjutnya mendengarkan dongeng bersama Kak Ila, dari Kuningan,” ujarnya, Sabtu (27/4/2019). 

 

Sementara itu, pendongeng anak, ‎Kak Ila mengatakan dirinya mencoba membawakan cerita kelinci yang rajin membaca dan punya cita-cita yang tinggi, lalu meraih cita-cita yang diinginkannya. Dengan kata lain, tema dongengnya itu memberikan pelajaran bahwa siapapun bisa menjadi apapun, selama ia sungguh-sungguh belajar. 

“Jadi, saya hanya ingin menularkan kepada anak-anak itu, supaya mereka terus termotivasi dengan mendengarkan, sekaligus membaca bacaan-bacaan bermutu,” ujarnya. 

Ila menambahkan selama anak terus dimotivasi dengan kegiatan-kegiatan positif, maka kreatifitas anak-anak akan semakin terasah. Dengan kegiatan positif juga, anak-anak akan terbiasa dengan cita-cita dan membiasakan diri untuk selalu siap dengan tantangan‎ dan situasi. 

 

“Kegiatan ini sangat positif. Serta dapat membantu anak-anak punya cita-cita yang tinggi. Jadi, teruslah mendidik anak dengan edukasi-edukasi yang benar dan sampaikan hal itu dengan suasana ceria dan gembira,” tandasnya. 

(ian/pojokjabar)

 

https://jabar.pojoksatu.id/priangan/2019/04/27/%E2%80%8Eratusan-anak-baca-buku-di-sepanjang-jalan-sumur-bandung-sindanghaji/

Kirim Komentarmu!

Komentar Terbaru

keyboard_arrow_up