Baca Berita

Pentas Seni Kampung Dongeng Awal Januari 2014

02 January, 2018

Naufal Prakoso KaDo administrator berita

Ratusan anak-anak memadati saung Kampung Dongeng Ciputat di Jl. Musyawarah RT.04/01 No. 99, Kampung Sawah. Seperti biasa, anak-anak yang hadir bukan saja dari anak-anak kampung sekitar saung, namun juga dari rombongan siswa/i TPA dan anak-anak dari Kampung Dongeng kecamatan Pondok Aren, Legoso dan Pamulang. Anak-anak tentu saja di dampingi oleh para guru-gurunya serta relawan kampung dongeng dari berbagai kecamatan di Tangerang Selatan.

 

Sebagian mereka tidak saja hadir untuk menonton, tapi diantaranya juga siap mengisi acara, seperti anak-anak Kampung Dongeng Pondok Aren yang menampilkan tari saman dan Bagian anak-anak Kampung Dongeng Ciputat menampilkan drama permainan rakyat.

 

Kampung Dongeng Ciputat sebagai wahana Wisata Imajinasi Anak Indonesia rutin melaksanakan kegiatan gelar pentas seni setiap Awal Pekan diminggu pertama. Kegiatan rutin ini juga diikuti oleh komunitas Kampung Dongeng di daerah-daerah lain. Hanya saja berbeda waktunya. Seperti Kampung Dongeng Bekasi misalnya, menggelar kegiatan rutin tengah pekan di hari minggu terakhir setiap bulannya.

 

Dimulai pagi hari.kira-kira jam 07.00 WIB, para relawan mempersiapkan diri dwngan menggelar karpet untuk duduk anak-anak dan guru serta orang tua yang mendampingi, juga menyiapkan sound system dan alat-alat kreatifitas serta permainan. Kak Maulana sebagai Pimpinan

 

Kampung Dongeng Ciputat mengatakan “Kami para relawan harus menyiapkan diri tepat pukul 07.00 pagi. Hal ini kami lakukan agar anak-anak yang hadir lebih awal bisa kami ajak bermain terlebih dahulu sembari menunggu teman-temannya yang lain. Setelah semua anak-anak berkumpul, antara jam 08.00 s/d 08.30 acara panggung kami buka dengan doa dan dilanjutkan dengan acara-acara yang telah kami siapkan seperti tari anak daerah, penyanyi cilik, pentas drama, sulap.

Acara yang ditunggu-tunggu, baik anak maupun orang tua dan guru adalah munculnya sosok luar biasa yang mukai tahun 1999 menekuni dunia dongeng dengan sepak terjangnya yang luar biasa, yaitu pertunjukan Dongeng yang langsung dibawakan sang Master Kampung Dongeng, Kak Awam Prakoso. Kali ini kak Awam menyuguhkan cerita “Anak Sholeh yang selamat ketika tersesat dijalan” harmonisasi penampilan cerita yang disampaikan pria berkacamata khas berwarna putih dan sandingan topi pat ini tentu saja tak membuat semua hadirin berenjak dari tempat duduknya bahkan sulit sekali berkedip karena kepiawaiannya mengkreasikan alur cerita yang begitu menawan.

Usai mendongeng, kak Awam memanggil lebih dari 20 anak yang berasal dari Kampung Dongeng

 

berbagai kecamatan di Tangerang Selatan untuk dilantik sebagai Duta Pendongeng Cilik Kampung Dongeng Indonesia. “Kami menyiapkan kader-kader pencerita yang akan meramaikan kencah dongeng

 

di Tanah Air agar sekiranya tutup usia kami, kampung Dongeng ada yang melanjutkan”. Kata Kak Awam yang telah berkeliling hampir di seluruh wilayah Indonesia, baik memberikan dongeng untuk anak, memberikan workshop untuk guru tentang teknik mendongeng, juga seminar parenting untuk para orang tua.

 

Kegiatan Kampung Dongeng selalu ditunggu oleh siapa saja, karena selain pertunjukan dongeng, dihadirkan pula bintang tamu, yang pada kesempatan ini hadir seorang anak berusia 5 tahun yang telah hafal 3,5 juz Al-Qur’an. Ia adalah Hilya Qonita yang dinobatkan sebagai juara 1 program Hafidz Indonesia oleh RCTI pada 7 Agustus 2013 yang lalu. Tentu penampilannya membuat para remaja dan orang tua menundukkan muka sembari berkaca-kaca seperti termotivasi untuk lebih memperdalam hafalan Al-Qur’an.

 

 

Dan yang tak kalah seru, Hadir juga para remaja pecinta binatang Reptil. Mereka adalah Komunitas Reptil dari Depok. Kehadirannya memberi edukasi tentang berbagai macam ular dan reptil lainnya dan dilanjutkan dengan mengajak anak-anak melatih keberanian untuk menggendong para reptil.

 

Semua kegiatan begitu lengkap dan di dokumentasikan oleh NetTV, dan akan disiarkan tanggal 9 mendatang. Tunggu saja ya.

 

Salam Senyum Anak Indonesia

Kirim Komentarmu!

Komentar Terbaru

keyboard_arrow_up