Baca Berita

Dongeng Akbar Anak Kalimantan Barat

15 February, 2019

kakdina Berita

Akhir bulan September 2018 menjadi Kado terindah untuk Kampung Dongeng Singkawang, Kalimantan Barat. Pasalnya, Kampung Dongen ini belum genap berusia setahun ini berhasil membuat kegiatan gebyar anak. Tak tanggung-tanggung, kegiatan ini dilaksakan di 3 tempat dengan mendatangkan langsung pendiri Kampung Dongeng Indonesia, Kak Awam Prakoso.

Roadshow kegiatan berjalan di hari yang berbeda namun dengan konsep sajian yang sama. Kegiatan mulai di Kab Mempawah , berlanjut ke Kota Singkawang dan berakhir di Kota Pontianak. Sebanyak 600 anak-anak berhasil dikumpulkan di masing-masing 3 titik ini. Geliat tawa dari wajah polos anak-anak terlihat. Beberapa detik kemudian, wajah tersebut berubah menjadi wajah “melongo”. Pemandangan inilah yang selalu dipancarkan oleh mereka.

Tak hanya disitu, selain menyapa anak-anak lewat dongeng. Kak awam juga menyapa guru-guru Paud, TK maupun SD lewat materi parenting pentingnya mendongeng. Dekatnya sosok Kak Awam ini sangat mudah diterima oleh berbagai kalangan. Tak heran jika banyak pihak yang siap bekerjasama dan ingin terlibat ketika Kampung Dongeng setempat ingin menyelenggarakan kegiatan dongeng akbar. Seperti organisasi Guru PGRI , IGTKI , himpaudi , komunitas Rumaksi, yoyo komik dan SCC. Bahkan sebagai pembukaan, disajikan hiburan dari gabungan penyelenggara ini. Seperti adanya penampilan tarian dari perwakilan Paud - TK, sanggar Kado Singkawang dan penampilan dari Chika, sang juara bercerita Tingkat Provinsi Kalbar.

“Alhamdulillah kegiatan didukung dan dihadiri Bunda Paud Kota Singkawang Ibu Juli Wahyuni, utusan Ibu Walikota Singkawang, Ketua PGRI kota Singkawang, Kepala Binmas Polres Singkawang, dan Dinas Sosial Singkawang” ujar Kak Ega, Ketua KaDo Singkawang diakhir rangkaian kegiatan perjalanan ini. 

Acara makin meriah dan semarak, terbukti dengan banyak sponsor yang tergabung seperti SCC, Funs station, Susu Zee, Garuda Food, Grab, Hotel Roban In, Kopitiam. Terlihat juga stand oleh-oleh khas kampong dongeng seperti VCD DVD Dongeng.

Perjalanan yang melelahkan ini tenryata diselingi dengan rasa hangat kekeluargaan. Kak Ega selaku inisiator kegiatan inipun membuat kegiatan pertemuan Kak Awam dengan Relawan Kab Mepawah. Bertambahnya titik Kampung Dongeng ini semoga dapat menguatkan memberi kebermanfaatan lebih bagi anak-anak Indonesia khususnya di Kalimantan Barat (DR)

Kirim Komentarmu!

Komentar Terbaru

keyboard_arrow_up