Baca Berita

Kampung Dongeng dan ACT bersinergi

04 March, 2019

kakdina Berita

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sudah dua bulan pasca gempa, Lombok masih lumpuh. Ratusan ribu pengungsi masih harus bertahan tinggal di pengungsian dengan segala keterbatasannya. Untuk bertahan hidup mereka bergantung pada bantuan pihak lain.

Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini Lombok masih memanggil kedermawanan saudara sebangsa, termasuk warga Banua, Kalimantan Selatan.

Ikhtiar terbaik untuk membantu Lombok masih diperjuangkan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan menggelar Dongeng Kemanusiaan bersama Kampung Dongeng (Kado) Intan Kalsel. Aksi perdana dilaksanakan Rabu (26/9) kemarin di SDIT Al Firdaus Banjarmasin.

Sejak pukul 08.00 WITA ratusan anak duduk memadati halaman sekolah. Dari raut wajah mereka, tampak antusias menunggu kedatangan Bunda Enik yang sudah berjanji akan mendongeng pagi itu.

Tak lama berselang 08.30 WITA, Bunda Enik bersama Tim ACT Kalsel tiba, suasana jadi makin ceria. Terlebih ketika Bunda Enik mengajak Nunung Salma, boneka kesayangan yang setia menemani beliau ketika mendongeng. Dalam beberapa kesempatan anak-anak terlihat mendekati Nunung dan memegangnya. Bersama Nunung Salma, Bunda Enik juga mengajak anak-anak menari dan bernyanyi.

 

Keceriaan pagi itu tampak dari suara tawa anak-anak yang lepas dan tak henti menikmati dongeng ala Bunda Enik.

Bunda Enik yang merupakan Ketua Kado Intan Kalsel menyerukan kepada anak-anak untuk terus berempati melalui sebuah cerita tentang indahnya berbagi.

“Kita semua harus mau berbagi kepada sesama, apalagi saat ini ada teman-teman kita di Lombok yang rumahnya rusak, sekolahnya hancur, tidur dan sekolahnya di tenda-tenda. Mau kan bantu saudara kita di Lombok?” tanyanya di depan anak-anak. Tanya Bunda Enik langsung disahut gemuruh anak-anak, “Mauuuuu,”.

 

Setelah mendengarkan dongeng, anak-anak pun melakukan penggalangan donasi untuk Lombok melalui kotak-kotak donasi yang telah disediakan. Bunda Enik mengaku senang bisa menjadi bagian dari program ACT Kalsel. “Terima kasih ACT Kalsel sudah bersinergi dengan Kampung Dongeng Intan Kalsel. Semoga melalui program ini bisa mencetak generasi dengan pribadi yang baik,” tuturnya.

 

Hal senada juga disampaikan Rusmalina selaku Koordinator Karakter Sekolah SDIT Al Firdaus. “Alhamdulillah senang sekali didatangi Tim Dongeng Kemanusiaan ACT, selain menggalang kepedulian sekaligus membangun karakter anak. Keren sekali,” ucapnya.

Kirim Komentarmu!

Komentar Terbaru

keyboard_arrow_up