Baca Berita

500 Tutor PAUD se-Kota Tangerang Dilatih Teknik Mendongeng

02 January, 2018

Naufal Prakoso KaDo administrator berita

Kak Awam Sang Pendongeng Memandu Guru-guru Berlatih Mendongeng

 

SUASANA meriah mewarnai kegiatan pelatihan teknik mendongeng yang diikuti 500 tutor PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) se-Kota Tangerang digelar Himpaudi bekerjasama Dinas Pendidikan Kota Tangerang di Mal Metropolis Town Square, Minggu (15/1).

 

Dalam pelatihan ini, tampil pendongeng kondang Awam dari Kampung Dongeng Jakarta yang memperagakan cara mendongeng yang baik. Dongeng tentang kehidupan satwa di hutan yang disampaikan secara menggugah itu ternyata mampu menghipnotis ratusan peserta sehingga terkagum-kagum.

 

Dalam dongeng ini, Awam yang biasa disapa anak-anak Kak Awam memberi improvisasi suara mirip tokoh satwa yang tengah diceritakannya, sehingga bagai memberi detil nyata dari kisahnya. Bahkan sesekali dia pun menambah tutur-tuturan lucu sehingga membuat gelak tawa pendengarnya.

 

Pada paparannya, Awam menerangkan rincian langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mendongeng agar menjadi menarik perhatian anak-anak, yaitu dengan cara yang memberi kesan mendalam dalam dongeng, kreatif, dan menggunakan tokoh tidak banyak sehingga tidak membuat jenuh.

 

Sofyan, Ketua Himpunan Kota Tangerang menjelaskan pelatihan ini digelar agar para tutor PAUD menjadi kreatif dalam menyampaikan pelajaran dengan cara mendongeng sehingga pesan disampaikan sampai kepada anak-anak. "Tindaklanjut dari kegiatan inipun, Himpaudi dalam waktu dekat kami akan mengadakan lomba mendongeng untuk tutor PAUD tingkat Kota Tangerang."

 

Sumber : tangerangkota.go.id

Kirim Komentarmu!

Komentar Terbaru

keyboard_arrow_up