Kampung Dongeng Rantauprapat, Sumatera Utara

Kampung Dongengku adalah rumah bacaku.. Kampung Dongengku tempatku berkreasi... Kampung Dongengku panggung ceritaku..



Petikan lagu di atas adalah lagu yang biasa dikumandangkan oleh Kampung Dongeng Rantauprapat. Kampung Dongeng Rantauprapat adalah sebuah komunitas pelestari tradisi mendongeng yang merupakan bagian dari Kampung Dongeng Indonesia pimpinan Kak Awam Prakoso, seorang Pendongeng Nasional.



Mendongeng merupakan tradisi lisan masyarakat Indonesia yang mulai ditinggalkan. Hal ini sangat disayangkan karena mendongeng merupakan media pembelajaran yang sarat manfaat seperti mengasah daya berpikir dan imajinasi, menanamkan nilai atau etika, memberikan pengetahuan dasar, menumbuhkan rasa empati, langkah awal untuk menimbulkan minat baca, membantu mengembangkan kosa kata dan meningkatkan keterampilan berbahasa.



Jika dikemas dengan seni tutur dan pertunjukan, mendongeng akan sangat menarik minat masyarakat khususnya anak-anak, demikian ujar Faedah Puspa Dewi, Koordinator Kampung Dongeng Rantauprapat. Mengingat pentingnya tradisi ini, setiap tahunnya ada Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret.



Kampung Dongeng Rantauprapat menguat sejak kehadiran Kak Awam pada April 2012 di Gedung Nasional Rantauprapat.  Kegiatan yang sudah dilakukan adalah melakukan Dongeng Keliling ke sejumlah PAUD dan TK di Labuhanbatu. Kampung Dongeng berkeinginan agar tradisi mendongeng kembali marak mengingat Labuhanbatu adalah daerah berkultur melayu yang memiliki tradisi tutur yang cukup kuat, lanjut Faedah Puspa Dewi yang memiliki hobi mendongeng sejak lama.



Komunitas dongeng ini terbuka untuk umum. Bagi yang ingin bergabung atau menginginkan pertunjukan mendongeng dapat menghubungi di nomor 081375272172 dan gabung di group facebook Kampung Dongeng Rantauprapat. Semoga dapat menjadi media Kreatifitas dan Belajar.


Comments