Jangan Melulu mencari teladan. Jadilah Teladan!

Sore ini puluhan anak2 Hebat membantu panitia mempersiapkan ribuan bingkisan utk anak2 yg akan memeriahkan Jambore Dongeng Anak Nusantara. Yaaaa, namanya juga anak2 yaa.. Bantu2 malah bikin plastik pembungkus berserakan dimana2. Tapi ya itulah keceriaan anak2 hebat di Saung Kampung Dongeng. Riuh,.. Ramai, brisik tapi bikin resep.

Tampak olive sesekali memunguti sampah2 plastik yg berserakan ϑαπ dimasukkan ke tempat sampah, lalu diikuti anak2 lainnya.

Pak Mat, ayah Olive senyum2 melirik aksi Olive sembari sibuk menyiapkan dekorasi panggung. Sampai2 bu nori tetangga sebelah bertanya "Enak banget kalau Olive rajin begitu ya Pak. Gimana sih ngajarin Olive?" Tanya bu nori

"Saya nggak pernah ngajarin yg susah kok. Sedari kecil saya cuman MENGAJAK olive beresin rumah, nyapu, belajar, ϑαπ lain-lain." jawab pak Mat.

"Oooo... Gitu ya. Sama saja Pak Mat kasih contoh dong ya? Hebat ya. Anak saya mah boro2 mau nyapu. pulang Sєќoιαн saja bajunya sendiri ditarok aja dilantai."

"Ya begitu deh. Orangtua bertindak sebagai cermin bagi anak2 bu. Mereka belajar dari setiap tindakan kita dan apapun yg kita lakukan bisa mereka tiru. Kita mungkin tidak menyadari bahwa pesan non-verbal dan tindakan lebih kuat dari komunikasi verbal."

.Awam Prakoso.

*jangan melulu nyari teladan dooong. Tapi Jadilah teladan. Do'ain ya.. Besok peraihan Rekor MURI sukses.