Wisata Imajinasi Anak Indonesia

Pada tanggal 18 Mei 2009 di Kelurahan Kampung Sawah Ciputat Tangerang Selatan diresmikan sebuah gerakan sosial, gerakan mendongeng untuk anak Indonesia. Gerakan yang oleh penggagasnya diberi nama Kampung Dongeng.

Diresmikannya gerakan mendongeng ini berawal ketika Kak Awam (Moch Awam Prakoso) sering kali berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia bertemu dengan anak-anak untuk pertunjukan dongeng, bertemu dengan para guru dan orang tua memberikan training teknik mendongeng dan merasa bahwa dirinya tak mungkin dapat melakukannya sendiri secara terus menerus.

Berkeliling ke berbagai daerah berinteraksi dengan anak-anak dalam ruang yang tentu saja sangat beragam. Dari anak-anak perkotaan, perkampungan hingga anak-anak yang berada di jalur perbatasan dan daerah terpencil. Dari kegiatan ulang tahun rumahan, di sekolah, di hotel, hingga kegiatan dongeng untuk anak-anak di berbagai Rumah Sakit dan pengungsian bencana alam.

Mendongeng sebagai kegiatan sosial digagas oleh Kak Awam ini kemudian disambut baik oleh berbagai kalangan yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen, karyawan dan juga berbagai profesional lainnya. Mereka semua yang bergabung di Kampung Dongeng kemudian menyatakan siap menjadi Relawan Dongeng untuk Anak Indonesia.

Hingga saat ini telah berdiri lebih dari 60 cabang Kampung Dongeng di berbagai daerah, dan terkumpul kurang lebih 250 Relawan Dongeng di berbagai wilayah yang siap Mendongeng untuk anak-anak Indonesia.

Sesuai dengan impiannya, Kampung Dongeng akan mempersembahkan 1,000 Kampung Dongeng untuk Anak Indonesia.

Sekilas Tentang Komunitas Kampung Dongeng Indonesia

  1. Kampung Dongeng Indonesia adalah komunitas sosial yang secara terus menerus akan melaksanakan gerakan mendongeng demi terwujudnya anak-anak Indonesia yang ceria, cerdas dan berkarakter baik,
  2. Kampung Dongeng Indonesia dalam melaksanakan kegiatannya juga sering bersinergi dengan Perpustakaan Kemendikbud, Ditjen Paud-Dikmas Kemendikbud, serta kementrian lainnya. Kampung Dongeng juga secara rutin melaksanakan kegiatan dengan berbagai perusahaan dan berbagai lembaga,
  3. Komunitas Kampung Dongeng Indonesia bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin menjadi relawan. Namun Kamung Dongeng Indonesia tidak berafiliasi dengan golongan, agama, atau partai politik apapun.