Baca Berita

Hulu Sungai Utara Gelar Workshop Mendongeng

27 April, 2019

kakdina Berita

Peringatan hari buku sedunia tahun ini dilakukan berbeda oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten  Hulu Sungai Utara (HSU). Kegiatan yang bertema membangun karakter anak melalui mendongeng dan ikuti langsung oleh guru PAUD se HSU ini mengundang bintang tamu special dari Kampung Dongeng Indonesia, Kak Awam Prakoso. 

 

Tajuk kegiatan kali ini berupa kegiatan workshop yang mengundang beberapa komunitas, seperti IGTKI,( Ikatan Guru Taman Kanak2 Indonesia) HIMPAUDI (Himpunan Pendidik Anak Usia Dini), IPI (Ikatan Pustakawan Ind),SGI ( Sekolah Guru Indonesia). Bertempat di Aula Dispersip HSU, materi workshop yang dibawakan begitu sangat interaktif. Dongeng memang sangat efektif untuk dijadikan alat pendidikan baik di sekolah maupun di rumah, karena dongeng metode komunikasi, dongeng disesuaikan dengan gaya komunikasi anak dan kemampuan mereka memahami sesuatu. Karena itu, muncul harapan besar yang disampaikan langsung oleh Ketua TP PKK HSU,  Hj. Anisa Rasyidah Wahid agar bersama-sama menumbuhkan minat baca agar terciptanya anak didik yang gemar membaca.

 

Penyampaian hati dari hati yang disampaiakan Kak Awam, mampu menggetarkan hati para peserta. “Kekuatan dongeng bukan pada persiapan yang matang, tapi pada saat kita melakukannya. Saat mendongeng, guru atau orangtua benar-benar hadir dan berinteraksi dengan anak, dengan cara yang menyenangkan,” tutur Awam Prakoso. 

 

Kegiatan berkomunikasi dengan bercerita atau mendongeng ini sangat pas dilakukan oleh masing-masing keluarga. Dimana metode ini lebih baik dari metode menasehati atau memarahi anak ketika anak salah melakukan sesuatu atau ketika ia bermasalah.

 

Kirim Komentarmu!

Komentar Terbaru

keyboard_arrow_up