Baca Berita

Sosialisasi Kesehatan dengan Dongeng? Kantukpun Hilang. Ikuti di 60 SD di 2 Kabupaten bersama Kampung Dongeng dan Dinas Kesehatan.

16 April, 2019

kakdina Berita

Kegiatan edukasi pendidikan melalui pertunjukan dongeng, kembali dilakukan secara roadshow. Kegiatan yang dilakukan bersama Dinas Kesehatan Prov Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kab.Sukabumi serta team Jhonshon & Jhonshon. Waaah bagaimana keseruannya ya?

 

Dilangsir melalui wawancara besama salahsatu team yang bertugas, kegiatan kali ini bertema Kecacingan. Memiliki rangkaian dalam satu kali roadshow, yaitu dongeng, games, meminum obat cacing survey sample beberapa siswa dan mengisi kuisioner. Dalam sehari, dilakukan lebih dari 1 titik. Maka dari itu, team yang bertugas terbagi menjadi 3 team. Yaitu dua team dari Kampung Dongeng Bogor dan satu team dari Kampung Dongeng Depok. Hal ini dilakukan karena titik sekolah yang dikunjungi berjumlah 30 titik, sedangkan lokasi antar titik berjauhan. Kondisi geografis disana, mengajak kita untuk mengekplore alam selama 2-3 jam. dengan kondisi jalanan rusak dan berbatu. Beberapa lokasi tidak bisa dilalui mobil dan akhirnya harus transit menggunakan motor. Ditemui beberapa jalan masih berupa jalan tanah, yang hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki melewati hutan dan perkebunan warga. “Macam seperti Dora explore yang melakukan sebuah misi melalui peta google maps” seling salah seorang relawan sambil tertawa ringan.

 

Selain mendapat respond positif dari siswa dan guru yang dikunjungi, resepond dan motivasi positif juga team dapati dari team lain yang turut serta dalam menyukseskan kegiatan tersebut. Pendampingan dari Puskesmas setempat, membuat team Kampung Dongeng semakin mempermudah dalam berkomunikasi dengan warga setempat. Dalam beberapa kesempatan, turut ikut serta dalam kegiatan yaitu Kepala Puskesmas setempat.

 

“Kegiatan mengedukasi masyarakat dalam mencegah cacingan serta mengumpulkan informasi daerah yang rawan terhadap cacingan” kak Kak Ansori, Ketua Kampung Dongeng Bogor yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Seperti yang telah disampaikan di awal redaksi, bahwa salahsatu rangkaian kegiatan tersebut yaitu melalukan survey untuk beberapa siswa. Hal ini bukan lain bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kecacingan di daerah tersebut. “tentunya kegiatan tersebut sebagai bekal untuk menghindarkan anak dari bahaya kecacingan” tambah Cak Nuris, team dari Depok yang bertugas di wilayah yang berbeda. Singkat dan bermakna menjelajah pedalaman Kab Sukabumi dari 8-10 April 2019

Kirim Komentarmu!

Komentar Terbaru

keyboard_arrow_up